Sabtu, 01 Desember 2012

dari UKG sampai PKG

Sepertinya,  para guru di negeri ini, khususnya yang sudah disertifikasi,  belum akan khusuk melaksanakan tugasnya sebagai pendidik profesional. Kompetensi para guru profesional kembali akan diuji setelah pengujian melalui uji kompetensi guru ( UKG ).
Seperti sudah diketahui, beberapa waktu lalu telah dilakukan UKG sebanyak dua tahap. UKG tahap dua dinilai lancar dan sukses jika dibandingkan UKG tahap sebelumnya. Lancar dan suksesnya UKG ditinjau dari proses  pelaksanaanya.  Di pihak siswa, proses UKG ini telah mengharuskan guru meninggalkan siswanya di sekolah secara bergiliran sesuai jadwal masing-masing. Mau tidak mau guru harus mendahulukan UKG ketimbang melaksanakan tugas pokoknya bersama siswa di ruang kelas.  Coba bayangkan,  di daerah tertentu,  guru yang mengajar di pedesaan harus mengikuti UKG di pusat kota kabupaten.  Sementara siswa terpaksa ditinggalkan oleh guru secara bergiliran.
Pada tahun 2013 yang akan datang, pemerintah melalui Kementrian pendidikan dan Kebudayaan, kembali akan menguji kompetensi guru melalui tajuk menguji dan mengukur kinerja guru. Seperti yang admin peroleh melalui sebuah sumber, penilaian kinerja guru (PKG) akan dilakukan terhadap guru secara individual seperti yang diterapkan pada UKG.
Ada yang menarik dari rencana pengukuran dan penilaian kinerja guru. PKG lebih terfokus pada performa atau penampilan guru di lapangan. Hal ini memamng patut disambut dengan baik oleh semua guru. Pertama, guru bisa membuktikan bahwa keberhasilan pada UKG akan diuji praktiknya di lapangan. Disini, performa guru profesional sangat ditantang. Kedua, siswa tidak lagi alkan ditinggalkan oleh guru seperti halnya pada UKG.
Untuk menghadapi PKG yang akan datang,  pihak kementrian pendidikan dan klebudayaan sudah menyiapkan instrumeen penilaian dan pengukuran kinerja guru. Indikator penilaian yang sangat kental adalah kedatangan  guru di sekolah, efektifitas guru dalam mengajar yang dibuktikan dengan prestasi belajar siswa.*  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar