Selasa, 20 November 2012

hewan

Omnivora, Karnivora & Herbivora

Karnivora atau maging adalah hewan yang makanannya kebanyakan adalah daging, baik yang dimakan hidup-hidup atau berasal dari daging hewan yang sudah mati. Kata karnivora berasal dari bahasa Latin carne yang berarti daging dan vorare yang berarti "memakan"). Kata ini juga dapat digunakan untuk menyebut mamalia dalam ordo Carnivora yang pada umumnya sesuai dengan definisi pertama. Karnivora yang memakan serangga sebagai makanan utamanya disebut insektivora, sedangkan karnivora yang memakan ikan sebagai makanan utamanya disebut piskivora.
Omnivora (dari bahasa Latin : omne = semua/semuanya; vorare = melahap) adalah spesies yang Templat:Me tumbuhan dan hewan sebagai sumber makanan pokoknya. Babi adalah contoh omnivora yang dikenal secara luas. Burung gagak adalah contoh lain dari omnivora yang dilihat orang setiap hari. Manusia juga merupakan makhluk omnivora.
Herbivora atau maun dalam zoologi adalah hewan yang hanya makan tumbuhan dan tidak memakan daging. Manusia bukanlah herbivora. Akan tetapi, orang yang memilih untuk tidak memakan daging disebut vegetarian. Dalam prakteknya, banyak herbivora memakan telur dan kadang-kadang memakan protein hewan lainnya.

Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya

Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya
Herbivora
Herbivora adalah jenis pemakan tumbuhan, hewan ini tentunya bukanlah hewan yang berbahaya. Umumnya hewan ini hidup di daerah tropis yang terdapat tumbuhan-tumbuhan hijau tumbuh diatasnya, dari tumbuhan-tumbuhan itulah yang menjadi sumber makanan kehidupan mereka. Biasanya burung tersebut memiliki bentuk paruh yang khas sesuai dengan jenis makanannya.
Hewan-hewan yang termasuk herbivora umumnya mempunyai gigi seri dan gigi geraham.Gigi seri berguna untuk memotong-motong makanan sebelum dikunyah. Gigi geraham dengan permukaan yang luas digunakan untuk mengunyah makanan hingga lumat. Hewan Herbivora ini biasanya merupakan hewan yang akrab ditelinga kita yang dagingnya dapat kita makan, seperti ; Sapi, Kambing, Kerbau, Kuda, dll
Gambar
Karnivora
Karnivora adalah merupakan jenis hewan buas pemakan daging, diantara hewan-hewan karnivora ini ada beberapa jenis hewan yang berbahaya bagi manusia. Hewan-hewan ini umumnya berada didaerah yang tropis yang terdapat banyak hewan-hewan herbivora yang akan selalu menjadi mangsa mereka. Bagaimanakah bentuk gigi dan cakar harimau? Hewan ini memiliki taring yang berguna untuk merobek daging
hewan yang dimangsanya. Kakinya memiliki cakar yang berguna untuk mencengkram mangsanya. Ciri hewan yang termasuk karnivora mempunyai indra penglihat, pencium, dan pendengar yang baik. Hewan karnivora dapat memiliki racun (bisa) dan gigi taring yang kuat
seperti ular. Karena begitu buasnya hewan-hewan ini diantara mereka telah pernah ada yang memangsa manusia sebagai makanannya, seperti ; Harimau, Singa, Buaya, dll
Gambar
Omnivora
Omnivora adalah jenis yang memakan segalanya, hewan ini memakan daging dan juga tumbuhan. Hewan pemakan segalanya ini berarti adalah termasuk hewan Herbivora & Karnivora ia memakan kedua-duanya seperti ; ayam, tikus, bebek, ikan, dan lain-lain. Contoh: ayam memakan biji-bijian seperti beras dan jagung dapat pula makan cacing. Ikan memakan tumbuhan air dan cacing yang ada di kolam atau akuarium.
Gambar

cara menghadapi ujian

Besok lusa saya sudah ujian, sudah banyak yang memberi saya nasehat dalam menghadapi ujian. Sebenarnya apa saja yang harus saya lakukan?
Kalau kamu belum membaca Tips Lulus UAS/UAN, silakan klik di artikel ini. Tapi bagi yang menginginkan langkah-langkah praktisnya, mari kita simak lebih lanjut…

  1. Beristirahat lebih banyak dari frekuensi biasanya. Tentu tidak berarti tidur terus-menerus. Kurangi frekuensi belajar supaya ada masa otak untuk beristirahat dan menyimpan energinya pada saat yang benar-benar diperlukan. Yah… belajar sedikit sekedar untuk menyegarkan otak, Kamu tahu, sebagaimana pemain bola menjelang pertandingan. Ini bukan saatnya untuk membaca materi baru!
  2. Siapkan alat tulisnya: 2 pensil (tidak lebih, supaya tidak ribet), penghapus yang baru, rautan pensil kecil (yang sederhana, jangan yang menggunakan pemutar, supaya tidak heboh), nomor ujian, ballpoint pen, penggaris, jam tangan, dan… meski sepele, sapu tangan akan berguna di kala tanganmu basah. Masukkan semua dalam satu kotak pensil supaya praktis. Bila mungkin diperbolehkan, bawa pula kamus, kalkulator dan correction ink (tip-ex). Tapi masukkan saja itu ke dalam tasmu, dan baru diambil bila memang diperbolehkan.
  3. Rencanakan jadwal pagi harimu: Bangun subuh, sholat, berdzikir, berdoa, mengaji… (hmm, kalau dipikir, kenapa kita mendadak jadi lebih allim ya? tapi biarlah terlambat, daripada tidak sama sekali. Besok-besok diluruskan niatnya ya), mandi, sarapan, berangkat lebih awal, minta doa restu ayah-ibumu,  menunggu di sekolah lebih menenangkan daripada menunggu di rumah.
  4. Jangan bawa buku kecuali hasil rangkumanmu!
  5. Jangan berbuat curang. Allah tidak menyukai orang yang berbuat curang!
Bismillah…
Bila kertas sudah mulai dibagikan, mulai nyalakan count down timer di jam tanganmu, jiah… seperti Mission Impossible saja.
  1. Baca ringkas (skimming) semua soal ujianmu dalam 10 menit (alokasikan 10% dari keseluruhan waktu ujian), tandai soal-soal yang kelihatannya mudah. Di tengah-tengah nanti, bila ada soal yang menjawab soal lain, tandai nomornya dengan menghubungkan dua soal tersebut.
  2. Langsung menulis jawaban pada lembar jawaban komputer (LJK), dkhawatirkan kamu lupa untuk kembali ke soal tersebut bila ditunda. Bila takut salah, jangan terlalu menekan dalam menghitamkan, agar mudah dihapus. Beri tanda segitiga pada nomor yang kamu ragu menjawabannya. Kenapa segitiga? yah, buatlah sesuatu yang lain dari sekedar kebiasaan melingkari. Ini akan menarik perhatianmu nantinya.
  3. Prioritaskan pertanyaan yang: TERmudah, TERsingkat menjawabnya, TERbanyak nilainya.
  4. Tunda untuk menjawab yang: SULIT, RIBET, SEDIKIT NILAInya.
  5. Setelah semuanya selesai, EITs… jangan langsung dikumpulkan, jangan terpengaruh teman-temanmu yang sudah selesai lebih dulu. Periksa kembali soal-soal yang kamu beri tanda segi tiga. Ya, soal yang meragukan jawabannya. Pastikan jumlah lubang yang kamu hitamkan (jawabanmu) sama dengan jumlah soal.
  6. Semuanya terjawab? Kecuali yang benar-benar tidak tahu, carilah jawaban yang kalimatnya pernah kamu dengar atau baca. Namanya juga menebak, jangan diharapkan hasilnya baik. Tetapi bila jawaban salah dapat mengurangi nilai, tinggalkan saja.
Mudah-mudahan membantu!

SHARE WITH DIDIK HR: RPP SD BERKARAKTER LENGKAP

SHARE WITH DIDIK HR: RPP SD BERKARAKTER LENGKAP: Rekan-rekan, sesuai dengan janji saya bahwa akan saya carikan contoh RPP berkarakter, ini dia. Tapi mohon maaf sebelumnya ya, bukannya saya...

CONTOH RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pembelajaran           : SDI 25 Lisu
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                      : IV/ I
Alokasi Waktu                       : 4 x 35 menit (2 X Pertemuan)
       I.            StandarKompetensi
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
    II.            KompetensiDasar
Menjelaskan hubungan antara struktur akar, batang, daun, bunga pada tumbuhan dengan fungsinya
 III.            Indikator
A.    Kognitif
1.      Produk
                                                         ·            Menjelaskan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Menyebutkan bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Menjelaskan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
2.      Proses
                                                         ·            Mendeskripsikan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Mengidentifikasi bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Menyebutkan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
B.     Afektif
1.      Karakter
                                                         ·            Bekerjasama dengan teman kelompok
                                                         ·            Peduli dengan sesamateman
                                                         ·            Mendengarkan pendapat teman
                                                         ·            Bertanggung jawab
2.      Keterampilan social
                                                         ·            Melakukan komunikasi dan bertanya
                                                         ·            Menyampaikan pendapat
                                                         ·            Menghargai pendapat orang lain
C.     Psikomotor
Terampil menunjukkan bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya
 IV.            TujuanPembelajaran
A.    Kognitif
1.      Produk
                                                         ·            Setelah mendengar penjelasan singkatdari guru, siswa mampu menjelaskan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Siswa dapat menyebutkanbagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Siswa mampu menjelaskan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
2.      Proses
                                                         ·            Siswa dapat mendeskripsikan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Siswa dapat menyebutkan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
B.     Afektif
1.      Karakter
                                                         ·            Murid dapat Bekerjasama dengan teman kelompok
                                                         ·            Murid dapat Peduli dengan sesame teman
                                                         ·            Murid dapat bertanggung jawab
2.      Keterampilan sosial
                                                         ·            Murid dapat Melakukan komunikasi dan bertanya
                                                         ·            Murid dapat Menyampaikan pendapat
                                                         ·            Murid dapat Menghargai pendapat orang lain
C.     Psikomotorik
Murid dapat terampil menunjukkan bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya
    V.            MateriPembelajaran
Struktur dan Fungsi Bagian Tunbuhan
·         Bagian-bagian penting tumbuhan, antaralain, akar, batang, daun, danbunga.
·         Akar dibedakan menjadi dua, yaitu akar tunggang dan akar serabut.
·         Akar berfungsi menyerap air dan mineral dari dalam tanah.
·         Jenis batang bermacam-macam, antaralain, batang berkayu, batang basah, dan batang rumput.
·         Fungsi utama batang adalah untuk menopang tegaknya tumbuhan, pengangkut, penyimpan makanan cadangan, dan alat perkembangbiakan
·         Bentuk tulang daun tumbuhan bermacam-macam, antara lain,menyirip, melengkung,menjari, menjarum, dansejajar.
·         Fungsi daun adalah untuk tempat proses pembuatan makanan,penguapan, dan pernapasan.
·         Bunga sempurna memiliki tangkai bunga, kelopak, benang sari, putik,dan mahkota.
·         Fungsi utama bunga adalah sebagai perhiasan dan alat perkembangbiakan tumbuhan.
·         Kegunaan  tumbuhan bagimanusia, antara lain, sebagai bahan makanan, bahan peralatan rumah tangga, dan bahan obat-obatan.
 VI.            Model danMetodePembelajaran
                                 ·            Model pembelajaran                : Student Teams Achievment Division (STAD)
                                 ·            Metode pembelajaran              : Ceramah, Tanya jawab, Penugasan, dan Diskusi
VII.            SkenarioPembelajaran
Pertemuan 1
No
Kegiatan Awal
Waktu
1.
Memeriksa kesiapan siswa
5 menit
2.
Membaca doa
3.
Apersepsi
4
Menyampaikan tujuan pembelajaran
No
Kegiatan Inti
Waktu
1
Guru menjelaskan materi pembelajaran
60 menit
2
Guru membagikan materi yang berbeda kepada tiap siswa
3
Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tim
4
Murid berdiskusi dengan teman sekelompoknya
5.
Guru mengarahkan siswa dalam berdiskusi
No
Kegiatan Akhir
Waktu
1.
Guru dan murid membuat kesimpulan
5 menit
2.
Guru memberi PR
3.
Guru memberi pesan-pesan moral
VIII.            Media danSumber
                                ·            Media              : gambar struktur tumbuhan   
                                ·            Sumber            : buku SAINS SD Relevan kelsa IV penerbit PT. METRO POS
 IX.            Penilaian
Lembar Kerja Siswa
I.                   Lengkapilah titik-titik dibawah ini!
1.    .................
2.    Dasar Bunga berfungsi sebagai ....................
3.    Mahkota bunga berfungsi untuk ...........................
4.    ...................
5.    ..................
6.    Kelopak berfungsi untuk .............................
 
II.  Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!
1.      Apa yang dimaksud dengan tumbuhan?
2.      Tuliskan fungsi utama akar bagi tumbuhan!
3.      Apakah yang dimaksud dengan:
                                             ·            Stomata
                                             ·            Klorofil
                                             ·            fhotosintesis
4.      Tuliskan dua bagian bunga yang berperan dalam perkembangbiakan!
5.      Sebutkan fungsi utama batang bagi tumbuhan!
Kunci jawaban
I.                   Isilah titik-titik di bawah ini!
1.   Tangkai Bunga
2.   Dasar Bunga berfungsi sebagai temapt kedudukan bunga
3.   Mahkota bunga berfungsi untuk menarik serangga
4.   Putik
5.   Benang Sari
6.   Kelopak berfungsi untuk membungkus mahkota ketika masih kuncup
II.                Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.      Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup, umumnya terdiri dari akar, batang, daun dan bunga
2.      Fungsi akar:
a.       Menyerap air dan mineral
b.      Menunjang berdirinya tumbuhan
c.       Sebagai alat pernapasan
d.      Sebagai penyimpan cadangan makanan
3.      Stomata           : Mulut daun
Klorofil           : zat hijau daun
Fhotosintesis   :
4.      Putik dan benang sari
5.      Fungsi batang
a.       Penopang
b.      Pengangkut
c.       Penyimpan
d.      Sebagai alat perkembangbiakan
KriteriaPenilaian
1. Produk( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semuasalah
4
3
2
1
 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
2.
Kerjasama
Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1
4
2
1
1.      Lembar Penilaian
No
NamaSiswa
Performan
Produk
JumlahSkor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10
Makassar, 23  juni 2012
                                                      Mengetahui,