Media Pembelajaran : Peran media pembelajaran
Dunia pendidikan
dewasa ini mengalami kemajuan yang sangat pesat karena mengikuti kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang dilandasi dengan peningkatan iman dan taqwa.
Kemajuan ini bertitik tolak dari pemakaian High Technology (teknologi tinggi)
berupa pemakaian perangkat ICT (Information and Comunication of Technology/Teknologi
dan Informasi Komunikasi).
Pembaharuan
pendidikan dan pengajaran mengalami penyempurnaan baik dari segi kurikulum,
metode maupun media pengajaran yang bertujuan membentuk anak didik berkualitas,
kreatif dan dapat mengikuti perkembangan ICT.
Oleh sebab itu
untuk membantu siswa dan guru agar lebih memahami konsep-konsep fisika dalam
kehidupan sehari-hari, maka harus dibuat visualisasi materi melalui mediakomputer yang berbasis ICT. Dengan penggunaan perangkat ICT ini diharapkan
dapat membantu memantapkan konsep fisika pada siswa dalam kegiatan belajar
mengajar, atau pun sebagai alat bantu pembelajaran siswa di rumah setelah suatu
topik diajarkan oleh guru di sekolah.
Pada saat ini
komputer sudah sangat memasyarakat dan semua sekolah telah memiliki perangkat
komputer, baik digunakan untuk administrasi sekolah maupun untuk media
pembelajaran di kelas. Dengan media komputer mempermudah guru dalam mengajarkan
materi-materi yang bersifat abstak dan membantu siswa dalam mempelajari materi
tersebut.
Penggunaan media
komputer dalam proses belajar-mengajar merupakan salah satu alternatif guru
untuk menyeragamkan media pengajaran sehingga merangsang siswa dalam berpikir,
perhatian, perasaan dan minat siswa untuk memungkinkan terjadinya proses
belajar-mengajar yang timbal balik antara guru dan siswa.
Adapun peran media pembelajaran antara lain :
- Memperjelas penyajian materi agar tidak hanya bersifat verbal (dalam bentuk kata-kata tertulis atau tulisan)
- Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, karena menurut para ahli kemampuan daya serap manusia dalam memahami masalah dengan panca indera yaitu : 1) Telinga (pendengaran) 13 %, 2) Mata (penglihatan) 75 %, 3) Hidung (penciuman) 3 %, 4) Kulit 6 %, 5) Lidah (rasa) 3 %
- Penggunaan media secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sifat pasif anak didik
- Menghindari kesalahpahaman terhadap suatu objek dan konsep
- Menghubungkan yang nyata dengan yang tidak nyata.
Kelemahan-kelemahan
yang ditemukan antara lain : tayangan terlalu cepat, mata cepat lelah, gambar
kurang tajam, waktu yang sedikit. Kelemahan ini diperbaiki dengan pengaturan
waktu penanyangan dan pengggunaan penampilan gambar yang lebih baik.
Diharapkan dengan
adanya media pembelajaran ini dapat meningkatkan minat siswa untuk
mempelajari fisika maupun ilmu-ilmu lainnya yang terasa susah dipahami.
Akhir kata,
semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar