Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Satuan
Pembelajaran : SDI
25 Lisu
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : IV/ I
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit (2
X Pertemuan)
I.
StandarKompetensi
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
II.
KompetensiDasar
Menjelaskan hubungan antara struktur akar, batang, daun,
bunga pada tumbuhan dengan fungsinya
III.
Indikator
A. Kognitif
1. Produk
·
Menjelaskan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Menyebutkan bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Menjelaskan
fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
2. Proses
·
Mendeskripsikan
pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Mengidentifikasi
bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Menyebutkan
fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
B. Afektif
1. Karakter
·
Bekerjasama dengan teman kelompok
·
Peduli dengan sesamateman
·
Mendengarkan
pendapat teman
·
Bertanggung
jawab
2. Keterampilan
social
·
Melakukan komunikasi dan bertanya
·
Menyampaikan
pendapat
·
Menghargai
pendapat orang lain
C. Psikomotor
Terampil
menunjukkan bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya
IV.
TujuanPembelajaran
A. Kognitif
1. Produk
·
Setelah
mendengar penjelasan singkatdari guru, siswa mampu menjelaskan
pengertian akar, batang, daun
dan bunga pada tumbuhan
·
Siswa
dapat menyebutkanbagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Siswa
mampu menjelaskan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
2. Proses
·
Siswa
dapat mendeskripsikan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Siswa
dapat mengidentifikasi bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Siswa
dapat menyebutkan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
B. Afektif
1. Karakter
·
Murid
dapat Bekerjasama
dengan teman kelompok
·
Murid
dapat Peduli
dengan sesame teman
·
Murid
dapat bertanggung jawab
2. Keterampilan sosial
·
Murid
dapat Melakukan komunikasi dan bertanya
·
Murid
dapat Menyampaikan pendapat
·
Murid
dapat Menghargai pendapat orang lain
C.
Psikomotorik
Murid dapat
terampil menunjukkan bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya
V.
MateriPembelajaran
Struktur
dan Fungsi Bagian Tunbuhan
·
Bagian-bagian penting tumbuhan, antaralain,
akar, batang, daun, danbunga.
·
Akar dibedakan menjadi dua, yaitu akar tunggang
dan akar serabut.
·
Akar berfungsi menyerap air dan mineral
dari dalam tanah.
·
Jenis batang bermacam-macam, antaralain,
batang berkayu, batang basah, dan batang rumput.
·
Fungsi utama batang adalah untuk
menopang tegaknya tumbuhan, pengangkut, penyimpan makanan cadangan, dan alat perkembangbiakan
·
Bentuk tulang daun tumbuhan
bermacam-macam, antara lain,menyirip, melengkung,menjari, menjarum, dansejajar.
·
Fungsi daun adalah untuk tempat proses
pembuatan makanan,penguapan, dan pernapasan.
·
Bunga sempurna memiliki tangkai bunga,
kelopak, benang sari, putik,dan mahkota.
·
Fungsi utama bunga adalah sebagai
perhiasan dan alat perkembangbiakan tumbuhan.
·
Kegunaan
tumbuhan bagimanusia, antara lain, sebagai bahan makanan, bahan peralatan
rumah tangga, dan bahan obat-obatan.
VI.
Model
danMetodePembelajaran
·
Model
pembelajaran : Student
Teams Achievment Division (STAD)
·
Metode
pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, Penugasan, dan Diskusi
VII.
SkenarioPembelajaran
Pertemuan 1
|
||
No
|
Kegiatan Awal
|
Waktu
|
1.
|
Memeriksa kesiapan siswa
|
5 menit
|
2.
|
Membaca doa
|
|
3.
|
Apersepsi
|
|
4
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
No
|
Kegiatan Inti
|
Waktu
|
1
|
Guru menjelaskan materi pembelajaran
|
60 menit
|
2
|
Guru membagikan materi yang berbeda kepada tiap siswa
|
|
3
|
Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tim
|
|
4
|
Murid berdiskusi dengan teman sekelompoknya
|
|
5.
|
Guru mengarahkan siswa dalam berdiskusi
|
|
No
|
Kegiatan Akhir
|
Waktu
|
1.
|
Guru dan murid membuat kesimpulan
|
5 menit
|
2.
|
Guru memberi PR
|
|
3.
|
Guru memberi pesan-pesan moral
|
VIII.
Media danSumber
·
Media : gambar struktur tumbuhan
·
Sumber : buku SAINS SD Relevan kelsa IV
penerbit PT. METRO POS
IX.
Penilaian
Lembar Kerja
Siswa
I.
Lengkapilah titik-titik dibawah ini!
|
II. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!
1.
Apa yang dimaksud dengan tumbuhan?
2.
Tuliskan fungsi utama akar bagi tumbuhan!
3.
Apakah yang dimaksud dengan:
·
Stomata
·
Klorofil
·
fhotosintesis
4.
Tuliskan dua bagian bunga yang berperan dalam
perkembangbiakan!
5.
Sebutkan fungsi utama batang bagi tumbuhan!
Kunci jawaban
I.
Isilah titik-titik di bawah ini!
1. Tangkai Bunga
2. Dasar Bunga berfungsi sebagai
temapt kedudukan bunga
3. Mahkota bunga berfungsi untuk
menarik serangga
4. Putik
5. Benang Sari
6. Kelopak berfungsi untuk
membungkus mahkota ketika masih kuncup
II.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.
Tumbuhan adalah
salah satu makhluk hidup, umumnya terdiri dari akar, batang, daun dan bunga
2.
Fungsi akar:
a.
Menyerap air dan
mineral
b.
Menunjang
berdirinya tumbuhan
c.
Sebagai alat
pernapasan
d.
Sebagai penyimpan
cadangan makanan
3.
Stomata : Mulut daun
Klorofil : zat hijau daun
Fhotosintesis :
4.
Putik dan benang
sari
5.
Fungsi batang
a.
Penopang
b.
Pengangkut
c.
Penyimpan
d.
Sebagai alat
perkembangbiakan
KriteriaPenilaian
1. Produk(
hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semuasalah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
1.
Lembar Penilaian
No
|
NamaSiswa
|
Performan
|
Produk
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai
= ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10
Makassar, 23 juni
2012
Mengetahui,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar